Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki sama halnya dengan bau badan yang dapat menimpa siapa saja. Bahkan orang yang memiliki bau kaki ataupun bau badan kadang tidak menyadari hal tersebut. Tentunya hal tersebut akan sangat menganggu kenyamanan terutama pada saat berinteraksi dengan orang lain. Bau kaki memang tak dapat dihindarkan mengingat bau kaki ditimbulkan oleh berbagai faktor pemicu. Jika orang-orang di sekitar anda mulai mengeluhkan mencium bau kaki yang tak sedap, bisa jadi anda sendiri memiliki bau kaki yang tak anda sadari. Segeralah ambil tindakan untuk melakukan perawatan dengan terlebih dahulu mengenali faktor penyebab bau kaki.

penyebab cara menghilangkan bau kaki

Penyebab Bau Kaki

Bau kaki disebabkan oleh dua hal, yaitu bromhidrosis dan hiperdrosis. Bromhidrosis merupakan sekelompok bakteri di tubuh yang memproduksi bau. Sedangkan hiperdrosis merupakan produksi keringat berlebih. Di kaki kita terdapat lebih dari 250.000 kelenjar keringat yang memproduksi 570 ml keringat setiap harinya. Jika bakteri dan keringat tersebut bercampur maka akan menghasilkan isovaleric acid. Isovaleric acid merupakan zat yang berbau tidak sedap. Perlakuan dan perawatan yang kurang tepat terhadap kaki juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada kaki.

Jika anda sudah terlanjur bau kaki yang tidak sedap, anda tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini :

  • Cuci Kaki Secara Teratur
    Cuci kaki secara teratur untuk menghilangkan isovaleric acid yang menempel pada kaki anda. Gunakan sabun anti bakteri saat mencuci kaki. Penggunaan sabun anti bakteri terbukti efektif untuk membasmi bakteri yang menyebabkan bau kaki. Selain itu, berendam kaki dalam ember berisi air hangat yang telah dicampur dengan sabun anti bakteri juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau kaki. Setelah itu bilas kaki dengan air hingga bersih. Saat ini telah banyak produk sabun anti bakteri yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Anda bisa memilih sabun anti bakteri yang paling banyak direkomendasikan.
  • Perhatikan Sepatu dan Kaos Kaki
    Jangan menggunakan kaos kaki yang sama dalam beberapa hari. Hal itu dapat menyebabkan bakteri penyebab bau kaki berkembang dengan cepat. Gantilah kaos kaki anda setiap hari dan pilihlah kaos kaki yang berbahan katun. Biasanya di kemasan kaos kaki selalu tercantum bahan yang digunakan. Anda bisa memilih kaos kaki minimal 70% berbahan katun. Begitu pula dengan sepatu. Jangan menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Namun bukan berarti anda harus memiliki 7 pasang sepatu.  Dua pasang sepatu saja sudah cukup. Anda bisa menggunakannya secara bergantian. Jangan lupa untuk rajin mencuci atau menjemur sepatu anda. Jika memungkinkan, anda bisa memilih sepatu berbahan kulit. Sepatu berbahan kulit bisa mencegah timbulnya bau tidak sedap lebih baik daripada sepatu berbahan sintetis.
  • Gunakan Foot Spray
    Foot spray atau spray kaki bisa anda dapatkan dalam beberapa produk kecantikan yang tersedia di pasaran. Penggunaan foot spray bisa mencegah timbulnya bau kaki karena foot spray biasanya mengandung alumunium klorida yang berfungsi untuk mengurangi keringat pada kaki sehingga meminimalisir munculnya bau tidak sedap pada kaki. Anda bisa menyemprotkan foot spray pada malam hari sebelum tidur. Tapi bagi yang mempunyai masalah bromhidrosis atau hiperdrosis tidak dianjurkan untuk menggunakan foot spray. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menangani masalah ini.

Itulah pembahasan cara menghilangkan bau kaki, semoga dengan melakukan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, kaki Anda akan terbebas dari bau yang tidak sedap dan Anda pun semakin percaya diri.