Pentingnya Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Pemerintah negara Indonesia menganjurkan para pelaku usaha untuk membuat Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Hal ini berdasarkan pada peraturan Menteri Perdagangan Indonesia yang diatur dalam undang-undang nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan. Surat izin ini adalah surat yang diresmikan olah instansi pemerintahan untuk melaksanakan kegiatan bisnis atau usaha dalam bidang jasa atau perdagangan. Surat ini wajib dimiliki oleh badan usaha atau pun pelaku usaha perorangan sebagai bukti pengesahan dari bisnis atau usaha yang Anda jalankan.

peran penting izin usaha dalam berwirausaha

Surat izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah bagian daerah ini tidak hanya dibutuhan oleh usaha dalam skala besar, namun juga usaha dalam skala menengah hingga skala kecil seperti usaha rumahan. Surat izin usaha ini dibuat semata-mata untuk mendapatkan pengesahan dari pemerintah sehingga berbagai masalah yang akan menghambat perkembangan usaha Anda dikemudian hari dapat dihindari.

Surat Izin Usaha Perdagangan ini mempunyai tiga kategori berdasarkan besar dan kecilnya odal usaha yang dipakai dalam merintis sebuah usaha. Surat Izin Usaha Perdagangan kecil biasanya diperuntukan pagi para pelaku usaha yang memiliki modal maksimal hingga Rp 200.000.000 diluar biaya bangunan dan tanah sebagai tempat usaha. Kemudian surat Izin Perdagangan menengah, biasanya diperuntukkan bagi para pelaku usaha yang memiliki modal maksimal Rp 500.000.000. lalu Surat Izin Usaha Perdagangan besar , diperuntukkan bagi para pelaku usaha yang memiliki modal lebih dari Rp 500.000.000 untuk menjalankan usaha atau bisnisnya.

Berikut penjelasan mengapa surat izin usaha ini sangat penting bagi kelancaran usaha Anda:

  • Sebagai alat pengesahan yang diberikan dan disahkan oleh pemerintah
  • Menghindari masalah perizinan yang kemungkinan muncul sewaktu-waktu di kemudian hari
  • Membantu memperlancar perdagangan atau kegiatan berbisnis Anda
  • Membantu dan memperlancar kegiatan ekspor dan impor
  • Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan pelelangan yang diadakan oleh pemerintah.

Melihat pentingnya surat ini, maka sebaiknya jika Anda belum mempunyai ssurat ini, untuk segera membuatnya di pemerintahan daerah kota Anda.