Melihat sudut pandang dunia dengan menggunakan lensa fish eye

Lensa fish eye adalah adalah sebuah lensa dengan sudut pandang lebar yang berbentuk cembung yang memungkinkan untuk menagkap gambar dengan sudut dari 180 derajat sampai 220 derajat. Lensa yang populer dikalangan para fotografer ini memiliki titik fokus yang pendek dan juga kedalaman yang hampir dibilang tidak terhingga. Distorsi yang dibuat oleh tepi luar dari lensa terlihat signifikan. Lensa fish eye ini pertama kali diproduksi dan dikembangka oleh produsen kamera terbesar di dunia yaitu Nikon pada tahun 1935, tepatnya pada bulan maret 1935.

lensa fish eye
Pada awalnya lensa ini dibuat khusus untuk penelitian di bidang meteorologi namun karena hasil yang diperoleh bagus dan juga unik maka pada tahun 1960 lensa fish eye ini mulai dipublikasikan dan juga dikonsumsi untuk masyarakat umum. Karena memiliki sudut pandang yang lebar maka hasil foto yang mengguakan lensa ini dapat menghasilkan panorama langit. Lensa fish eye juga dapat digunakan untuk memotret pemandangan yang akan menghasilkan gambar terdistorsi dengan unik.

Lensa fish eye ini terdiri dari dua jenis, yang pertama adalah circular fish eye yang dapat menghasilkan gambar yang berbentuk melingkar dengan sudut 180 derajat baik pada arah vertikal maupun ke arah horizontal.dengan menggunakan circular fish eye sebuah objek yang berbentuk bulat dapat dikemas dalam cara yang cukup unik dan akan menciptakan komposisi yang menarik. Dan yang kedua adala full frame fish eye yang dapat mengambil gambar yang menangkap 180 derajat arah horizontal dan 180 derajat arah vertikal. Dan salah satu kamera yang telah menggukan lensa fish eye adalah Nikon fish eye – Nikkor 6mm f2.8 lens. Dan telah menawarkan sudut pandang hingga 220 derajat.

Semoga informasi tentang lensa fish eye semoga dapat bermanfaat untuk anda.