Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat kunyit memang sangat beragam bentuknya terutama untuk dunia kesehatan, kunyit atau sering juga disebut curcuma adalah salah satu jenis rempah rempah asli dari kawasan asia tenggara termasuk indonesia. kunyit atau curcuma ini memang terkenal sebagai salah satu bumbu penyedap untuk berbagai macam masakan, tetapi selain manfaat tersebut ternyata kunyit memiliki beribu-ribu manfaat lainnya tak terkecuali manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Khasiat kunyit yang luar biasa tersebut memang tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Kunyit mengandung senyawa yang biasa disebut dengan senyawa kurkuminoid yaitu senyawa yang sangat berkhasiat sebagai media penyembuhan, kurkuminoid itu sendiri juga terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan juga zat – zat lainnya seperti minyak asiri,lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin dan mineral.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan manfaat kunyit tersebut adalah penyakit magg. Penyakit yang satu ini sangat menggangu ketika sedang menyerang rasa perih, sakit dan terkadang menyebabkan mual ini memang sangat mengganggu aktifitas. Penyakit magg terjadi karena terdapatnya luka – luka pada mukosa lambung akibat dari keidak seimbangan antara sekresi pepsin atau asam lambung dan mukus. Stess, pola makan yang tidak teratur dan senang mengkonsumsi kopi yang dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung.

Tetapi bagi anda yang menderita penyakit magg tidak perlu khawatir lagi karena cara pengobatan untuk penyakit magg dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah yaitu dengan cara memanfaatkan kunyit sebagai obat. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mendapat khasiat kunyit ini :

cara pertama

  1. Siapkan 2  sampai  3ruas kunyit
  2. Cucilah kunyit – kunyit tersebut hingga bersih
  3. Kupas kulit bagian luarnya
  4. Parut kunyit tersebut keudian peras dan ambil airnya untuk diminum.
  5. Dilakukan dua kali sehari

Cara kedua

  1. Siapkan 5 ruas kunyit
  2. Cuci hingga bersih
  3. Potong – potong kunyit tersebut menjadi beberapa bagian
  4. Rebus iisan kunyit tersebut berserta kayu manis
  5. Minum air rebusan tersebut pada saat magg mulai menyerang.

Cara ketiga

  1. Siapkan beberapa ruas kunyit
  2. Kupas dan kemudian cuci hingga bersih
  3. Parutlah kunyit dan kemudian rebus hingga mendidih
  4. Saring air rebusan dan campurkan dengan kuning telur mentah dan gula

Demikianlah berbagai cara yang dapat digunakan untuk menyembuhkan magg dengan manfaat kunyit. Cara yang anda pakai tergantung dengan selera anda.