Langkah Langkah Merakit Komputer

Komputer adalah sebuah perangkat yang sangat penting untuk dimiliki dalam kehidupan. Hal ini karena komputer memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan manfaatnya segera setelah komputer tersebut dirakit. Mulai dari komunikasi sampai dengan promosi untuk bisnis anda bisa dilakukan dengan komputer jika anda memiliki koneksi internet. Segala macam pekerjaan pun bisa cepat selesai dengan menggunkaan komputer. Selain itu juga, anda bisa menonton banyak video dan juga mendengarkan berbagai macam music menggunakan komputer, atau juga bermain game favorit anda. Untuk itu ada baiknya jika anda tahu cara merakit komputer sendiri agar bisa dengan mudah melakukannya tanpa bantuan siapapun.

langkah langkah merakit komputer

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam merakit komputer adalah dengan menentukan konfigurasi komputer, langkah kedua adalah dengan mempersiapkan komponen dan juga perlengkapan dari komputer anda. setelah itu, anda juga jangan lupa untuk memasangkan pengaman.

  1. Konfigurasi, berfungsi untuk menentukan jenis fitur atau komponen yang ada pada komputer anda dan bagaimana seluruh komponen agar bisa bekerja menjadi sebuah sistem yang kita inginkan. Kesesuaian dan juga kompatibilitas dari komponen-komponen yang ada pada motherboard harus betul-betul diperhatikan untuk mendukung jenis prosesor, port, modul memori, yang berbeda-beda.
  2. Mempersiapkan komponen dan perlengkapan yang diperlukan seperti komponen komputer, buku manual dan referensi, kelengkapan pada komponen seperti kabel, jumper, sekerup, baut, dan yang lainnya. Juga bermacam-macam alat bantu seperti obeng pipih dan yang lainnya.
  3. Pengaman saat anda merakit. Pertama, gunakanlah gelang anti statis atau anda juga bisa menyentuh permukaan logam yang ada pada casing sebelum membuang muatan statis. Selain itu anda juga jangan langsung menyentuh komponen elektronik namun memegang pada logam atau plastic yang ada pada komponen anda. setelah semua persiapan ini anda lakukan maka anda sudah siap untuk merakit komputer yang sesuai pada buku panduan yang ada.