Komputer Sebagai Pengolah Data Aritmatika yang Terus Dikembangkan

Layaknya sebuah pesawat telepon yang kini digandrungi oleh mayoritas orang sebagai alat komunikasi, kini komputer juga menjadi alat elektronik yang benar-benar diprioritaskan keberadaannya. Karena pentingnya komputer dalam menunjang aktivitas pekerjaan. Komputer dapat menyimpan data penting, dan mengolah suatu program. Atas adanya jaringan, komputer dapat berfungsi sebagai alat bertukarnya informasi antara pengguna satu dengan yang lainya.

artikel sejarah komputer

Komputer meliputi banyak komponen yang digabungkan yang memiliki fungsi masing-masing sehingga dapat saling berhubungan dan mengolah perintah-perintah komputer dengan baik. Komputer meliputi CPU (sebagai pengolah data), layar monitor ( untuk menampilkan aplikasi dan data yang ada dalam komputer), keyboard (sebagai alat untuk menulis dan memilih perintah yang tersedia dalam komputer), mouse (sebagai alat untuk memilih perintah yang ada dalam komputer), printer (digunakan untuk menyalin data tulisan maupun gambar ke dalam kertas dsb.

Komputer awalnya didefinisikan sebagai alat untuk mengolah data berdasarkan perintah yang telah dirumuskan. Khususnya dalam pengolahan data informasi masalah aritmatika atau matematika. Namun dalam perkembangannya komputer kemudian lebih banyak digunakan sebagai media lain selain perhitungan matematika. Ini dikarenakan fungsi komputer yang telah mengalami berbagai perubahan dan kemajuan.

Konrad Zuse adalah seorang insinyur yang membangun sebuah komputer pada tahun 1941 yang waktu itu memanfaatkannya untuk membantu proses desain pesawat terbang dan peluru kendali. Ini sempat ditulis dalam salah satu artikel sejarah komputer. Kemudian atas terciptanya komputer pertama ini, para sekutu berusaha mengembangkan kekuatan komputer yang kemudian tercipta komputer sebagai pemecah kode rahasia yang digunakan Jerman. Dalam salah satu artikel sejarah komputer, komputer ini terus dikembangkan hingga kini menjadi bagian yang terpenting dalam kehidupan, termasuk untuk pengembangan komputer ini sendiri.