Kenali Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Kosmetik

Beberapa tahun belakangan ini memang penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik semakin marak terjadi, dan korbannya pun kian meningkat. Kosmetik memang barang yang satu ini dapat dikatakan sebagai barang yang wajib dan harus dimiliki oleh sebagian besar umat manusia terutama kaum hawa. Bagaimana tidak dengan menggunakan kosmetik para wanita akan terlihat lebih cantik dan percaya diri untuk berinteraksi dengan dunia sekitar. memang benar dengan menggunakan kosmetik maka kulit kita akan lebih bersih, putih dan halus dalam waktu yang singkat. Tetapi pernahkah anda berfikir bahwa sebenarnya bahan apa yang digunakan dalam pembuatan kosmetik anda sehingga dapat memberikan efek yang luar biasa pada kulit  dalam waktu yang terbilang singkat, dan apakah bahan tersebut aman untuk digunakan? bagi anda yang belum mulai berfikir tentang hal tersebut, sebaiknya anda harus segera mulai memikirkan sebenarnya apa bahan yang terkandung dalam kosmetik anda sebenarnya.

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Environmental Working Group pada 20 remaja putri pada usia 14 – 19 tahun terkandung bahan berbahaya yang dalam tubuh mereka berdasarkan sampel urine dan darah. Dan sebagian besar dari bahan berbahaya tersebut merupakan bahan yang dapat memicu pertumbuhan kanker. dan dari bahan kimia yang diemukan diidentifikasi bahwa 16 jenis diantaranya berasal dari kosmetik yang mereka gunakan.

Ya hal tersebut memang sangat mungkin untuk terjadi karena terjadi kontak antara bahan berbahaya yang terkandung dalam kosmetik dengan kulit, yang kemudian kosmetik tersebut dapat terserap ke dalam tubuh melalui pori – pori kulit dan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti kanker kulit, iritasi parah pada kulit bahkan juga dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh lainnya.

Ada beberapa bahan kimia berbahaya yang sering terdapat dalam kosmetik adalah

  1. Merkuri
    Merkuri atau biasa juga disebut air raksa memang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik karena daya pemutih yang terdapat pada merkuri sangat kuat. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan merkuri adalah terjadinya kerusakan pada organ hati, ginjal dan saraf.
  2. Hidrokinon
    Hidrokinon adalah senyawa yang termasuk ke dalam golongan obat keras. Hidrokinon memiliki sifat sebagai atioksidan dan dapat membantu memutihkan kulit karena dapat membatu proses pembentukan melanin pada kulit. Dampak yang dapat timbul dengan penggunaan hidrokinon adalah iritasi yang parah pada kulit.
  3. Retinoat
    Retinoat adalah asam vitamin A yang sering digunakan untuk pengobatan acne yang berfungsi untuk mencegah pembentukan komedo. Retinoat dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi pada kulit.
  4. Rhodamin B
    Sebenarnya rhodamin B adalah pewarna sintesis yang sering digunakan pada industri tekstil. Dan zat ini sering disalahgunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Dampak yang dapak ditimbulkan dari kandungan berbahaya ini pada kosmetik adalah iritasi bukan hanya iritasi pada kulit saja tetapi juga pada saluran pernafasan dan organ lain jika terhirup atau mengenainya. Bahkan dapat juga memicu terjadinya kanker.

Nah itulah tadi bahan berbahaya yang terkandung dalam kosmetik. Karena itu lah pemilihan kosmetik harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Jika anda memilih sebuah kosmetik sebaiknya hal yang pertama harus anda lihat dan cermati adalah label dari badan POM. Dan sebaiknya pilih kosmetik yang sudah terkenal dan terpercaya.