Jenis Dan Penyebab Kista Ovarium

Sebagai seorang perempuan, nampaknya kita wajib untuk mengetahui penyebab dan gejala dari kista ovarium karena kista ini menyerang sebagian wanita di seluruh dunia. Kista ovarium adalah salah satu jenis tumor yaitu berupa kantong kecil abnormal yang berisi cairan yang sering berkembang pada ovarium tepanya dibagian indung telur dan bersifat fisiologis dan juga patologis. Kista yang bersifat fisiologia adalah kista yang terjadi sesuai dengan siklus menstruasi karena adanya folikel yang berkembang dan berukuran sekitar lima sentimeter dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah tiga bulan. Sedangkan kista yang bersifat patofisiologis adalah kista yang membahayakan, kantong kista ini berisi campuran antara cairan dan jaringan solid dan cenderung membahayakan.

Ada beberapa jenis dari kista ovarium yaitu :

  1. Kista endometrium atau endometriosis
    Kista ini adalah salah satu jenis kista yang terjadi akibat kehadiran dari jaringan lapisan endometrial dalam ovarium wanita. Kista ini berbentuk kantong kecil dengan ukuran 2 sentimeter sampai 20 sentimeter dan berisi cairan darh kecoklatan. Biasanya kista ini menyerang pada wanita pada usia reproduktif yang dapat mengganggu kesuburan.
  2. Kista corpus luteum
    Kista ini berukuran sekitar 2 – 6 sentimeter dan kantong terisi oleh darah dan juga cairan. Jika kista ini berkembang dan membesar, maka batang ovarium akan terlilit.
  3. Kista dermoid
    Kista ini dapat tumbuh dan berkembang hingga 15 sentimeter dan berisi cairan lemak, rambut dan jaringan tulang rawan. Dapat menyebabkan tuba fallopi terlilit.
  4. Kista hemoragic
    Timbul perdarahan dalam kista fungsional
  5. Kista denoma
    Tumor yang terbentuk di jaringan ovarium dan dapat berukuran hingga 30 sentimeter
  6. Polycystic-appearing ovary
    Adanya kista – kista kecil disekitar ovarium
  7. Sindrom Polisistik Ovari
    Adalah keadaan dimana terdapat banyak kista dalam ovarium yang disebabkan karena ovarium memproduksi hormon endogen secara berlebih

Setelah mengetahui apa itu kista dan jenisnya maka kita juga perlu tahu penyebab kista ovarium, Ada berbagai macam hal yang dapat menjadi penyebab kista ovarium seperti mestruasi yang tidak teratur, gaya hidup yang salah seperti kurang berolah raga dan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan adanya riwayat penyakit kista dalam keluarganya.

Apabila anda termasuk wanita dengan kriteria diatas alangkah baiknya jika segera memperbaiki pola hidup anda dan segera konsultasikan ke dokter apabila ada kejanggalan pada sister reproduksi anda seperti sulit haid, rasa sakit yang hebat saat haid dan juga sulit untuk mendapatkan keturunan.