Hindari Penyebab Kanker Kulit Secepat Mungkin

Penyebab dari kanker kulit harus kita cermati dan hindari secepat mungkin agar tidak menimbulkan dampak yang tidak kita inginkan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan adanya era globalisasi, maka semakin banyak industri – industri yang berkembang dengan adanya industri tersebut dapat menyebabkan berbagai macam masalah pencemaran dan salah satunya adalah pencemaran udara. Gas atau partikel yang dikeluarkan oleh industri dapat menjadi polutan untuk udara, dan salah satunya adalah gas CFC.

CFC atau chloro fluoro carbon adalah salah satu gas yang dapat dihasilkan dari bahan yang digunakan sebagai bahan pendingin untuk kulkas atau AC. CFC yang terlepas diudara lah yang dapat menjadi sumber masalah besar untuk bumi karena gas ini dapat menguraikan ikatan ozone sehigga sinar UV dapat dengan leluasa masuk ke bumi karena semakin sedikitnya penghalang untuk mereka. Nah sinar UV inilah salah satu penyebab kanker kulit, karena sinar UV dapat merusak DNA dari sel kulit. Semakin lama dan banyak sinar UV masuk dan mengenai kulit kita maka regenerasi kulit tidak terjadi yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan juga memicu terjadinya pertumbuhan selkulit yang tidak normal yang akan mendesak sel kulit yang normal.

Selain sinar UV, ternyata masih banyak faktor yang dapat menyebabkan dan memicu terjadinya kanker kulit salah satunya adalah faktor dari orang itu sendiri. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker kulit, diantaranya adalah:

  1. Orang yang memiliki banyak tahi lalat
    Jika anda termasuk orang yang memiliki banyak tahi lalat dikulit anda, sebaiknya anda perlu khawatir. Ada beberapa tanda kanker kulit yang dapat anda lihat dari tahi lalat yaitu, jika bentuk tahi lalat tidak simetris, tahi lalat memiliki lebih dari satu warna seperti merah, putih dan hitam, berukuran besar.
  2. Ras kulit putih
    Banyak orang yang tidak menyukuri anugrah Tuhan dengan kondisi kulit kita yang berwarna sawo matang dan cenderung gelap. Padahal seharusnya kita harus sangat bersyukur, dengan terletaknya Indonesia di iklim Tropis menyebabkan kita kaya akan sinar matahari, yang secara otomatis sinar matahari dan sinar UV yang telah kita terima jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara Eropa. Jadi sebaiknya kita tidak perlu memutihkan kulit kita karena jutru dengan kulit putih serangan kanker kulit akan selalu menghantui anda, kenapa?Karena pada kulit yang putih maka pigmen warna atau melanin yang terkandung di dalamnya sedikit . padahal pigmen tersebut bermanfaat untuk melindungi kulit dari UV. Jadi bayangkan saja jika kita terlahir dengan kulit putih.
  3. Orang yang memiliki banyak penyakit kulit
    Orang yang menderita penyakit kulit berarti di dalam kulitnya terdapat banyak agen dan dapat memperparah kondisi kulit sehingga beresiko terkena kanker.
  4. Orang yang sering menggunakan kosmetik
    Semakin banyak zat kimia yang mauk ke dalam tubuh maka semakin banyak pula sel yang akan rusak.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai penyebab kanker kulit dan tipe orang seperti apa yang beresiko tinggi terkena kanker kulit. Tetapi disamping yang telah tertulis diatas masih banyak faktor lainnya jadi tetaplah waspada.