Hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Pemakai Kawat Gigi

Di masa kini kawat behel sepertinya telah menjadi tren bagi anak muda khususnya. Ada yang menggunakannya karena memang kebutuhan yaitu untuk merapikan gigi mereka atau ada juga yang hanya sebagai asesoris saja. Untuk mendapatkan kawat behel ini dapat di peroleh dari penjual mainan, ahli gigi ataupun dokter spesialis gigi. Dan taukan anda selain bermanfaat untuk merapikan gigi dan asesoris penggunaan kawat gigi ini juga memiliki efek samping. Apa sajakah efek samping dari penggunaan kawat gigi tersebut?

Kawat behel terbuat dari bahan stainlees yang juga tercampur dengan chromium (Cr). Cr merupakan suatu logam keras berwarna abu-abu dan sulit dioksidasi meski dalam suhu tinggi. Jika dalam tubuh terakumulasi logam ini efeknya adalah gagal ginjal serta necrosis hepar. Dan berdasarkan hasil uji laboratorium UI di sebutkan bahwa kandungan Cr kawat behel yang terdapat pada penjual mainan dan ahli gigi lebih tinggi di bandingkan dengan yang ada pada dokter spesialis gigi. Jadi dapat dikatakan memasang kawat behel sama dengan meracuni diri sendiri dengan logam berbahaya.

Selain itu pemakaian behel gigi yang kurang tepat atau bukan oleh dokter spesialis gigi kemungkinan dapat menyebabkan sariawan dan juga bisa terjadi karies gigi akibat kawat gigi yang berkarat. Pemakaian kawat gigi juga sangat memerlukan perawatan yang lebih dari pada orang yang tidak memakai kawat gigi karena tentunya akan sulit untuk menyikat gigi dengan sempurna, sehingga memerlukan sikat gigi khusus ataupun cara menyikat gigi yang berbeda dan lebih teliti hal ini bisa dilakukan dengan cara menyikat gigi di depan kaca dan usahakan sesering mungkin menyikat gigi serta lebih selektif dalam memilih makanan yang tepat agar tidak merusak kawat behel misalnya menghindari makanan yang keras dan kasar.

Untuk itu jika dirasa memakai kawat behel penting baik dalam rangka merapikan gigi atau accessories maka usahakan pemasangan kawat behel pada dokter spesialis gigi. Dan usahakan ketelitian dan kedisiplinan dalam perawatan kawat behel gigi anda agar tidak terjadi efek samping lain yang dapat membahayakan diri anda sendiri.