Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer

Untuk menjembatani atau menghubungkan hardware luar dengan komputer diperlukan colokan yang disebut port. Port adalah merupakan colokan yang biasanya terpasang di bagian belakang case komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen dalam yaitu system dengan komponen luar. Sebagai contoh, port untuk menghubungkan monitor, camera digital, mouse dsb. Port dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu: Port USB, port SCSI, Port Serial, Port Parallel, Port Infra merah serta port-port yang lain.

fungsi dan jenis port komputer

Berikut Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer

  • Port USB
    Port USB merupakan port yang paling banyak digunakan dan paling populer. Port ini dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti keras seperti scanner, camera digital, printer, zip drive dan sebagainya. Port USB mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial atau port paralel.
  • Port SCSI
    Port SCSI kepanjangan dari Small Compter System Interface. Port SCSI merupakan jenis port yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port ini mempunyai kecepatan tranfer tinggi yaitu 32 bit per waktu, biasa digunakan untuk menghubungkan scanner, printer, hard drive, dan tape drive. Konektor yang digunakan adalah DB- 25 dan 50 pin Centronics SCSI.
  • Port Serial
    Port ini biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per waktu, karena sifatnya demikian pegiriman data berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengoneksi piranti seperti : mouse, printer, Card reader, modem, PLC (programmable Logic controller), pembaca kartu maknetik dan pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin.
  • Port Parallel
    Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Biasanya digunakan untuk printer parallel, dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin.
  • Port Infra Merah
    Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan sebagainya.
  • Port-Port Lain
    Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port diatas, misalnya port untuk monitor, port keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan, port , dll.