Definisi Dan Tipe Obsessive Compulsive Disorder

Obsessive Compulsive Disorder atau sering disebut juga dengan istilah OCD mungkin nama yang  jarang atau bahkan tidak pernah kita dengar sebelumnya, padahal penyakit yang satu ini adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang – orang disekitar anda, atau bahkan anda sendiri yang menderita penyakit ini. Untuk lebih memperjelas sebenarnya apa sih penyakit yang satu ini. Obsessive Compulsive Disorder sebenarnya adalah sebuah gangguan kejiwaan yang dialami seseorang ditandai dengan pemikiran yang berulang – ulang atau obsesive dan berkaitan dengan tindakan kompulsif atau kebiasaan melakukan sesuatu dengan berulang – ulang yang bertujuan untuk menenangkan pemikirannya. Meskipun penyakit ini merupakan sebuah gangguan kejiwaan, tetapi gangguan kejiwaan ini tidaklah seburuk yang anda pikirkan.

Ciri – ciri dari orang yang mengalami gangguan ini adalah selalu melakukan perbuatan yang sama secara berulang ulang, seperti seseorang berkali – kali mengecek apakah pintu sudah ditutup atau belum, seringnya membereskan rumah agar terlihat lebih rapi  atau dapa juga dengan mencuci tangan sehabis melakukan kegitan apapun karena kekhawatiran akan terkena kuman. biasanya orang yang mengalami OCD cenderung merasa tidak nyaman akibat dari pikiran yang muncul secara berulang – ulang, yang menuntut untuk segera dikerjakan dan biasanya tidak dapat dikontrol. Biasanya tekanan batin akan menyertai penyakit ini karena ketidakmampuan dari penderita untuk melawan perasaan yang ingin dilakukannya. Ada beberapa tipe dalam penyakit OCD ini diantaranya adalah :

  1. Tipe Checkers
    Biasanya penderita OCD tipe ini terobsesi untuk selalu memeriksa. Seperti berulang – ulang mengecek pintu apakah sudah ditutup atau belum. Hal ini biasanya disebabkan karena rasa cemas yang irasional. Misalnya apabila pintu belum dikunci maka ada perampok yang dapat masuk ke dalam rumah dan sebagainya.
  2. Tipe Doubters and sinners
    Pada tipe ini biasanya memiliki perasaan obsesive dan intruktif pada penderitanya.
  3. Tipe Washer or cleaner
    Penderita Obsessive Compulsive Disorder pada tipe ini biasanya memiliki pemikiran yang berlebihan dan irasional terhadap kontaminasi dari kuman, dan untuk mengurai rasa kekhawatiran terhadap pemikirannya, dia akan berulang – ulang kali mencuci tangannya.
  4. Tipe hoaders
    Pada OCD tipe ini biasanya penderitanya lebih senang untuk mengumpulkan barang – barang yang sudah tidak berguna lagi karena mereka berfikir kalau sesuatu yang buruk akan terjadi apabila barang – barang tersebut dibuang.
  5. Tipe Orderers
    Orang yang menderita OCD tipe ini biasanya orang yang senang mengatur suatu hal sesuai dengan tempatnya.

Setelah anda mengetahui tentang definisi Obsessive Compulsive Disorder dan beberapa tipe – tipenya, mungkin anda bertanya  tentang bahaya dari OCD apakah penderita OCD itu dapat mempengaruhi kesehatan seperti halnya gangguan kejiwaan yang lain? Pada dasarnya OCD tidak berbahaya dan dapat diatasi hanya saja, OCD dapat menggangu pikiran dan dapat menimbulkan strees akibat dari pertentangan pikiran yang sering dialami. Oleh karena itu, penanganan harus dilakukan secepat mungkin agar gangguan ini tidak menjadi parah.

Demikian penjelasan tentang  Obsessive Compulsive Disorder dan bahayanya untuk kesehatan anda semoga dapat membantu anda.