Cara Uninstall DeepFreeze Tanpa Format Ulang Komputer

Cara uninstall DeepFreeze tanpa harus melakukan format ulang komputer tentu saja sangat diperlukan terutama bagi Anda yang lupa password DeepFreeze sehingga tidak bisa menonaktifkan aplikasi tersebut. Banyak yang menginstal DeepFreeze selain sebagai proteksi terhadap file yang ada di komputer juga sebagai perlindungan dari virus. Karena saat sebuah komputer dipasang DeepFreeze maka file virus akan secara otomatis dihapus saat komputer direstart.

Masalahnya adalah jika Anda lupa password yang dipakai untuk membuka DeepFreeze dan tidak bisa mematikannya. Cara uninstall DeepFreeze yang banyak dilakukan adalah melakukan format ulang komputer secara total untuk menguninstall aplikasi ini. Hal tersebut tentu akan sangat menyulitkan, terutama jika program yang terinstal di komputer Anda sangat banyak. Namun saat ini ada cara yang lebih cepat dan efektif.

cara uninstall deep freeze

Cara uninstall DeepFreeze menggunakan software Unfreezer

Saat artikel ini ditulis, cara ini masih dapat bekerja pada DeepFreeze versi 6.0. Unfreezer adalah sebuah software yang merupakan kebalikan dari DeepFreeze yang berfungsi untuk melakukan unlock dari drive yang telah di “freeze”. Bagi Anda yang menginginkan software ini, silahkan cari link downloadnya melalui google, atau bisa klik disini. Cara uninstall DeepFreeze dengan menggunakan aplikasi Unfreezer ini juga sangat mudah karena tidak membutuhkan password DeepFreeze. Setelah menjalankan aplikasi, pilih “Boot Thawed” kemudian restart komputer Anda.

software unfreezer

Setelah restart komputer akan bebas dari “freeze” yang dilakukan oleh DeepFreeze. Dengan begitu cara uninstall DeepFreeze selanjutnya adalah melakukan uninstall DeepFreeze sebagaimana uninstall aplikasi lain melalui Control panel.

Cara uninstall DeepFreeze menggunakan CD Windows XP

Cara uninstall DeepFreeze yang kedua ini menggunakan CD Windows XP sebagai “senjata” untuk menaklukkan DeepFreeze. Ikuti langkah cara uninstall DeepFreeze dengan menggunakan CD Windows XP berikut ini:

  • Masukkan CD Windows XP kemudian booting ke CD drive untuk melakukan instalasi Windows XP (bukan berarti melakukan format ulang windows, tetapi hanya repair).
  • Lanjutkan langkah instalasi Windows XP seperti biasa, hingga sampai pada menu yang memungkinkan Anda untuk melakukan perbaikan Windows XP dengan menekan tombol “R”.
  • Biarkan proses repair Windows XP berjalan hingga selesai.
  • Kemudian setelah masuk ke dalam sistem operasi Windows XP, bukalah file instalasi DeepFreeze.
  • Dalam file instalasi tersebut akan muncul pilihan “Uninstall DeepFreeze” dan klik pada pilihan tersebut.
  • Setelah selesai Anda bisa merestart komputer dan pastikan bahwa DeepFreeze telah hilang.
    cara uninstall deepfreeze

Demikian dua cara uninstall DeepFreeze yang cukup mudah dan cepat untuk membantu Anda jika suatu saat lupa password DeepFreeze dan ingin menonaktifkannya.