Cara Shutdown Komputer Secara Otomatis Bila Tidak Digunakan

Apakah anda pernah secara tidak sengaja lupa mematikan komputer saat Anda bepergian. Atau Anda mungkin pernah ketiduran saat mendengarkan lagu sementara komputer tetap dalam keadaan hidup. Jika ya, jangan jadikan hal itu sebagai kebiasaan Anda karena akibatnya tagihan listrik Anda bisa membengkak sia-sia dan usia komputer bisa menjadi lebih singkat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ada langkah mudah untuk membuat komputer Shutdown secara otomatis apabila terjadi idle dalam waktu tertentu. Idle adalah saat dimana komputer “diam” dan tidak terjadi interaksi apapun antar user dan komputer.

cara shutdown komputerSalah satu cara untuk men-shutdown komputer secara otomatis adalah dengan menggunakan aplikasi gratis bernama Watch 4 Idle. Anda bisa mendownload aplikasi watch 4 idle dari sini Softpedia.com. Dari nama aplikasi sudah terlihat jelas fungsi dari aplikasi ini, yaitu sebagai timer saat komputer mengalami idle time. Jadi, dengan watch 4 idle anda dengan leluasa bisa mengatur agar komputer Anda ter-shutdown selama kurun waktu tertentu. Anda bebeas mengatur, misalnya bila komputer tidak digunakan selama 15 menit maka komputer akan ter-shutdown.

Selain fungsi untuk shutdown secara otomatis, watch 4 idle juga memiliki fungsi lain seperti restart, log off, Lock, atau mematikan layar ( Turn Screen Off). Dan tidak hanya itu, di watch 4 idle juga tersedia fungsi untuk menjalankan sebuah program. Jadi anda bisa mengatur misalnya bila komputer idle dalam kurun waktu terntentu, katakanlah 10menit, maka secara otomatis program photoshop akan terbuka. Semua pengaturan itu bisa anda lakukan pada interface watch 4 idle yang cukup simple dan minimalis.

shutdown komputer secara otomatisAplikasi watch 4 idle sangat ringan dan bahkan bisa berjalan pada system tray. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi khawatir meninggalkan komputer Anda dan membiarkannya tetap menyala. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !