Cara Overclock Komputer Yang Aman

Cara overclock komputer sering menjadi sebuah referensi yang sering dicari oleh para pemilik komputer yang ingin membuat komputernya mempunyai kinerja yang lebih cepat. Namun cara overclock komputer yang salah justru akan berbahaya bagi komputer dan bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen dan juga kehilangan sejumlah data. Karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan overclock komputer agar keseluruhan prosesnya tetap aman dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

cara overclock komputer
Perhatikan beberapa tips mengenai cara overclock komputer yang cukup aman berikut ini, sehingga Anda bisa terhindar dari resiko terjadinya beberapa masalah terkait dengan kegagalan proses overclock.

  • Lakukan backup
    Overclock komputer bisa menyebabkan proses yang tidak diinginkan,sehingga akan lebih baik jika sebelumnya Anda telah melakukan backup data-data penting di dalam komputer.
  • Naikkan setting secara perlahan
    Dalam setiap overclock komputer sebenarnya tujuannya adalah sama, yaitu “memaksa” komputer agar bekerja lebih cepat. Sedangkan 3 komponen yang biasanya dinaikkan settingnya dalam proses overclock adalah FSB, multiplier prosesor,dan tegangan kerja prosesor. Untuk menaikkan FSB atau multiplier gunakan nilai 1-2 saja dan hindari terlalu banyak menambahkannya. Hal ini akan meminimalisir error yang terjadi dalam proses overclock. Sedangkan untuk tegangan kerja prosesor gunakan range kenaikan dengan angka nol koma untuk menghindari kelebihan tegangan. Selain itu menaikkan tegangan kerja hanya dilakukan jika kinerja prosesor kurang stabil setelah menaikkan nilai FSB dan multiplier prosesor.
  • Siapkan komponen pendingin yang cukup
    Efek yang ditimbulkan dari setiap melakukan overclock komputer adalah suhu tiap komponen yang meningkat, terutama prosesor. Sehingga Anda juga harus memastikan bahwa komponen pendingin seperti heatsink, kipas prosesor dan kipas pembuang udara dari casing telah terpasang dengan baik dan jumlahnya sebaiknya ditambah. Hal ini untuk memastikan aliran udara di dalam casing berjalan lancar dan tidak terjadi overheat pada komonen di dalamnya.
  • Pakai power supply yang bagus
    Power supply kerap dilupakan dalam melakukan overclock komputer karena dianggap tidak menjadi bagian dari komponen yang di-overclock. Padahal power supply berperan sangat penting dalam memberikan suplai daya listrik pada masing-masing komponen yang kinerjanya telah ditingkatkan sehingga membutuhkan daya yang lebih besar. Karena itu disarankan untuk mengganti power supply standar dengan yang lebih baik sebelum melakukan overclock.

Demikian beberapa tips mudah mengenai cara overclock komputer yang aman agar Anda tidak mengalami masalah saat bereksperimen dengan komputer Anda.