Cara Merawat Printer Inkjet Modifikasi Agar Tetap Awet

Merawat printer inkjet yang telah dimodifikasi membutuhkan beberapa cara khusus agar tetap awet. Printer inkjet modifikasi telah menjadi pilihan banyak orang karena selain memudahkan untuk pengisian tinta juga dapat mencetak lebih banyak untuk sekali proses pegisian tinta karena tempat tinta yang lebih besar. Printer sendiri telah menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dari sebuah komputer. Karena fungsinya sebagai pencetak dokumen dari komputer, printer juga tersedia dalam berbagai macam yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari printer dengan teknologi laser, buble jet, dan inkjet.

cara merawat printer inkjet modifikasi

Printer inkjet adalah salah satu yang paling banyak diminati karena selain harganya lebih murah, merawat printer inkjet juga relatif lebih mudah. Selain itu banyaknya modifikasi printer inkjet juga membuat tipe printer ini cukup populer.

Berikut ini tips cara merawat printer inkjet modifikasi agar tetap awet.

  • Letakkan tabung tinta dan printer dalam posisi yang sejajar. Jangan sampai lebih tinggi atau lebih rendah karena akan mempengaruhi penyaluran tinta yang melalui selang dari tabung tinta ke dalam cartridge.
  • Jika Anda akan memindahkan printer inkjet modifikasi ke tempat lain, terlebih dahulu jepit selang tinta dengan penjepit kertas atau ikat dengan karet gelang.
  • Sebelum menggunakan printer untuk mencetak terlebih dulu bukalah semua penutup pada tabung tinta. Cara merawat printer ini penting agar penyaluran tinta melalui selang tidak tersendat karena tidak ada udara yang masuk ke dalam tabung.
  • Nyalakan printer setiap hari minimal selama 15 menit dan digunakan untuk mencetak setidaknya 3 lembar. Cara merawat printer ini akan membuat cartridge printer tidak tersumbat oleh tinta yang kering.
  • Sebelum mematikan printer setiap harinya, lakukan cleaning cartridge melalui fasilitas printer maintenance bawaan dari masing-masing printer. Hal ini untuk merawat printer agar tidak terganggu dengan sisa tinta pada cartridge yang mengering.
  • Minimal seminggu sekali gunakan printer untuk mencetak yang menggunakan semua warna tinta. Merawat printer dengan cara ini untuk menjaga semua cartridge baik hitam maupun warna bekerja dengan baik dan memastikan penyaluran tinta tetap lancar.
  • Isi ulang tinta dengan merek yang sama untuk menjaga kualitas hasil cetak. Penggantian tinta dengan merek lain hendaknya menunggu tinta benar-benar habis terlebih dahulu.

Demikian beberapa cara mudah merawat printer inkjet modifikasi agar tetap awet.