Cara Merawat Power Supply Agar Komputer Makin Kencang

Cara merawat power supply yang berfungsi sebagai pemasok daya listrik memang tidak bisa disepelekan dan harus diperhatikan dengan benar. Power supply merupakan “jantung” yang menentukan komputer bisa menyala atau tidak, karena tanpa adanya pasokan listrik maka komputer tidak akan bisa dipakai sama sekali. Karena itu cara merawat power supply juga harus diutamakan sehingga semua komponen dalam komputer bisa berjalan dengan normal.

cara merawat power supply

Berikut ini ada beberapa tips mengenai cara merawat power supply agar komputer Anda bisa berjalan normal dan stabil tanpa terganggu adanya masalah daya listrik :

  • Pilih power supply dengan daya besar
    Pemilihan daya pada power supply sangat penting untuk memastikan bahwa kemampuan dayanya bisa menopang semua kebutuhan berbagai komponen komputer seperti motherboard, prosesor, harddisk, CD/DVD ROM, dan lain-lain. Secara umum power supply yang ada di Indonesia mempunyai daya 300-350 watt. Akan lebih baik jika Anda memilih power supply dengan kemampuan daya yang lebih besar minimal 400 watt.
  • Gunakan power supply double fan
    Pilihlah jenis power supply yang dilengkapi dengan double fan atau kipas ganda. Adanya kipas ganda ini akan membuat sirkulasi udara lebih lancar karena prose pembuangan udara panas akan lebih cepat.
  • Hindari perangkat yang berlebihan
    Selanjutnya untuk menghindari power supply cepat rusak, maka cara merawat power supply adalah dengan menghindari untuk menambahkan perangkat tambahan yang berlebihan. Misalnya menambahkan DVD ROM lebih dari jumlah yang seharusnya, terlalu banyak harddisk, dan lain-lain. Banyaknya perangkat tersebut akan menguras daya power supply dan membuatnya tidak mampu menyediakan daya yang cukup untuk semua komponen.
  • Bersihkan dari debu
    Salah satu masalah utama yang kerap membuat power supply cepat rusak karena kepanasan adalah banyaknya debu yang menumpuk. Sehingga cara merawat power supply yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin agar tumpukan debu tidak menyumbat aliran udara dan menyebabkan terjadinya overheat.
  • Gunakan stabilizer
    Penggunaan stabilizer sangat dibutuhkan dalam bagian cara merawat power supply agar membuatnya lebih awet. Karena fungsi stabilizer adalah menstabilkan arus tegangan listrik yang biasanya naik turun agar tidak merusak power supply saat terjadi lonjakan tegangan.