Cara Merawat Gigi Anak Sejak Dini

Merawat gigi anak pada saat awal tumbuh memang sedikit sulit, pasalnya pada awal saat gigi mulai tumbuh biasanya anak menjadi lebih rewel. Tetapi tidak cukup hanya dengan mengatasi kerewelannya, perawatan gigi anak juga harus dilakukan sedini mungkin agar kelak tidak menimbulkan masalah pada saat dewasa. Tentunya anda tidak mau bukan jika anak anda kelak memiliki gigi yang tidak sehat?. Oleh karena itu, kami ada beberapa tips merawat gigi anak sejak awal masa tumbuhnya.

  1. Kenali kapan gigi anak akan mulai tumbuh
    Tidak ada patokan yang pasti untuk menentukan kapan gigi anak mulai akan tumbuh, karena memang setiap anak memiliki waktu yang bervariasi untuk tumbuh gigi.  Ada anak yang sudah mulai menampakan garis putih pada gusinya saat baru dilahirkan, ada yang pada saat berumur 6 bulan, dan ada juga yang sudah berumur satu tahun baru akan tumbuh gigi. Gigi yang tumbuh pertama kali disebut dengan gigi susu dan kemudian akan tanggal satu persatu yang digantikan dengan gigi permanen.
    Pergantian dari gigi susu ke gigi permanen biasanya akan dimulai sejak anak berusia 6 tahun dan akan berakhir ketika anak berusia sekitar 12 tahun. Biasanya pergantian gigi akan dimulai dari gigi seri bagian tengah, depan dan bagian bawah, kemudian diikuti dengan pertumbuhan gigi geraham besar atau molar . Dan yang perlu anda ketahui adalah gigi geraham bukanlah pengganti gigi susu seperti halnya gigi taring, seri, dan gigi geraham kecil  atau premolar.
  2. Mulailah menyikat gigi anak
    Perawatan gigi harus dilakukan sedini mungkin. Perawatan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyikat gigi anak secara teratur. Tetapi anda harus memperhatikan dengan benar cara menyikat gigi anak agar gusi maupun giginya tidak luka. Yang harus anda perhatikan adalah

    • Jika gigi anak baru mulai tumbuh. Sikatlah gigi anak dengan menggunakan kain, caranya adalah masukan telunjuk anda pada sehelai kain bersih yang sebelumnya telah dibasahi dengan air yang masak, kemudian gososkan ke gigi anak. Atau dapat juga menggunakan sikat gigi khusus yaitu sikat gigi dengan bulu yang dibuat dari bahan karet yang dapat dimasukan pada telunjuk ibu.
    • Jika gigi sudah tumbuh 8 buah, merawat gigi anak sudah dapat menggunakan sikat gigi khusus untuk bayi yang mempunyai bulu sikat dengan tekstur yang halus. pada awal pemakaian lebih baik jangan menggunakan pasta gigi dahulu. Air yang digunakan untuk berkumur juga air yang sudah masak karena biasanya anak cenderung akan menelan air bekas kumurnya.
    • Pada usia 18 sampai dengan 24 bulan biasanya anak sudah dapat memegang sikat giginya sendiri, jadi biarkanlah anak menyikat giginya sendiri tetapi tetap dalam pengawasan anda ajari cara menyikat gigi yang benar agar anak terbiasa. Ajaklah bicara anak agar acara menyikat gigi dengan anak semakin mengasikan.
    • Cara menyikat gigi yang benar juga harus anda ajarkan sejak dini. Cara menyikat gigi yang benar diawali menggosok dengan bentuk lingkaran kecil pada giginya, kemudian gosok ke depan dan ke belakang pada gigi yang biasanya digunakan untuk menggigit dan juga mengunyah, kemudian gosok juga lidahnya.
  3. Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi. Dokter gigi juga merupakan salah satu cara merawat gigi anak. Kenalkan anak dengan dokter gigi sejak gigi sudah mulai tumbuh agar anak terbiasa dengan dokter gigi. Disamping itu, dokter gigi juga akan menjelaskan cara merawat gigi anak dengan lebih detail lagi.