Cara Menyembunyikan File Atau Folder Dengan Command Prompt

Bila Anda memiliki data-data penting yang bersifat “rahasia” di komputer Anda, tentu Anda tidak ingin orang lain melihatnya. Sebagai solusinya, jalan terbaik yang bisa Anda lakukan ialah menyembunyikan file atau folder rahasia tersebut. Anda bisa menggunakan software tertentu atau bisa dengan cara konvensional yaitu melalui pengaturan file dan membuat file/folder menjadi hidden. Membuat file atau folder menjadi hidden sebenarnya memiliki kelemahan. File atau folder yang anda sembunyikan memang tidak bisa dilihat oleh orang lain yang menggunakan komputer Anda, akan tetapi file atau folder tersebut tetap bisa terbaca apabila user melakukan pencarian file ataupun mengatur folder option untuk menampilkan file atau folder yang memiliki atribut hidden.

cara_menyembunyikan_file.jpg

Lalu, apakah ada cara yang lebih baik untuk menyembunyikan file dan folder ? Tentu ! Disini penulis akan berikan Cara mudah untuk menyembunyikan file dan folder tanpa menggunakan software tambahan. Trik ini hanya mengandalkan Command Prompt saja dan yang terpenting, file atau folder akan benar-benar tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh orang lain sekalipun melalui pencarian file ataupun dengan mengatur “Show All Hidden Files and Folders”.
Dalam tutorial ini, sebagai contoh kita akan menyembunyikan folder bernama Rahasia yang terletak di drive D:/ .
Untuk menyembunyikannya, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Tekan windowkey+R untuk membuka menu RUN
  • Ketikkan CMD dan tekan Enter untuk menjalankan Command Prompt
    cara_menyembunyikan_folder.jpg
  • pada Command Prompt , ketikkan attrib +s +h E:\rahasia
    dengan_command_prompt.jpg
  • Bila berhasil, maka folder rahasia tadi sudah tersembunyi. Bila anda ingin memunculkannya kembali, maka ketikkan di Command Prompt : attrib -s -h E:\rahasia

Dengan cara ini, sebenarnya file atau folder yang anda sembunyikan tersebut telah menjadi file/folder sistem. Dan secara default, windows memang menyembunyikan semua file sistem di komputer agar tidak mudah di modifikasi demi mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Selain folder, tentu anda juga bisa menyembunyikan file saja. Caranya sama dengan yang diatas, tinggal Anda ganti tulisan rahasia menjadi nama file yang ingin disembunyikan.
Bagaimana ? mudah bukan ? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!