Cara Menjalankan Banyak Software Hanya Dengan Sekali Klik

Mungkin Anda sering membuka beberapa software yang sama setiap harinya. Katakanlah seperti browser, email client, microsoft office, dsb. Untuk menjalankan semua software tersebut, tentu Anda perlu membuka softwarenya satu persatu bukan ? Nah, pernahkan terlintas dibenak Anda untuk membuka semua software tersebut dengan hanya sekali klik ?

software sekaligus

Dalam kesempatan ini, penulis akan berikan trik bagaimana menjalankan beberapa software yang sering Anda gunakan hanya dengan sekali klik saja. Yang Anda butuhkan hanya Notepad bawaan dari Windows.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Jalankan Notepad
  • Kemudian isikan dengan script berikut ini
    start notepad.exe
    start firefox.exe http://www.facebook.com dautic.com
    start excel.exe D:\laporan.xls
  • Yang perlu anda perhatikan pada script diatas adalah strukturnya yaitu:
    • start (nama software) (lokasi file yg ingin dijalankan)
    • start (nama software) (Alamat URL yang ingin dibuka)

    Fungsi start berfungsi untuk memanggil software yang ingin dijalankan. Sedangkan bagian (nama software)adalah nama dari software yang ingin dijalankan dan tentunya tidak menggunakan dalam kurung. Bagian lokasi file menunjukan dimana software (exe)yang ingin dijalankan tersimpan (di drive C, D, atau E) sementara alamat URL menunjukan alamat web yang ingin dikunungi (seperti facebook.com, google.com). Nah, dari kode yang anda isi di pada poin ke 2 diatas, berarti fungsinya adalah:

    • Menjalankan Notepad
    • Menjalankan firefox dan langsung membuka dua tab URL http://www.facebook.com dan dautic.com
    • Menjalankan file Excel lalu membuka file yang berlokasi di D:\laporan.xls

    Kode tersebut tentunya bisa anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menambahkan software-software lainnya yang Anda rasa perlu. Sebagai contoh lainnya jika anda ingin menambahkan software photoshop dan opera, maka anda bisa merubah kodenya menjadi seperti ini:

    start notepad.exe
    start firefox.exe http://www.facebook.com dautic.com
    start excel.exe D:\laporan.xls
    start opera.exe http://urlyangingindibuka.com
    start photoshop.exe
  • Setelah Anda selesai memodifikasi kodenya sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian save file tersebut  dengan cara klik File > Save As > Isi nama file dengan klik.bat > lalu pada Save as type, pilih All Files > Kemudian klik Savecara menjalankan program sekaligus

Nah, software pemanggil sekarang sudah jadi. Begitu anda klik file itu, maka software-software yang Anda masukkan tadi akan terbuka secara bersamaan hanya dengan sekali klik. Lebih baiknya, simpan file tersebut di Desktop agar mudah diakses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !