Cara Mengubah Gambar Hasil Scan Menjadi Text Dengan OCR

Anda yang sering men-scan berkas atau buku pasti sudah tahu bahwa hasil dari scan tersebut akan berupa gambar. Hal tersebut tentu akan menyulitkan Anda apabila suatu saat Anda ingin mengedit file pada program text editor seperti Word atau Notepad. Namun jangan khawatir, dalam perkembangan teknologi saat ini, telah ada teknologi bernama OCR (Optical character recognition) yang bisa menjadi solusi untuk masalah ini. OCR adalah teknologi yang dapat meng-extract huruf dari sebuah gambar (dalam hal ini file hasil scan) menjadi text yang dapat diedit pada program seperti Microsoft Word ataupun Notepad. OCR bekerja dengan algoritma khusus dan mampu membaca setiap huruf yang terdapat pada gambar dan meng-konfersikannya menjadi teks. Bahkan OCR juga mampu mengenali huruf dari tulisan tangan.

cara mengubah gambar hasil scan menjadi text

Saat ini sudah banyak program-program OCR yang tersedia dan bisa anda gunakan. Dari yang versi berbayar hingga versi gratis. Salah satu program OCR berbasis desktop yang cukup populer adalah SimpleOCR. Namun, bila Anda tidak ingin repot-repot lagi menginstall program OCR di komputer Anda, Anda bisa menggunakan situs-situs OCR online yang bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus menginsKali ini kita akan bahasa cara mengubah gambar hasil scan menjadi teks dengan menggunakan situs OCR online. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut :

  • Kunjungi situs www.free-ocr.com
  • Di halaman depan, Anda akan melihat tampilan seperti berikuttall software apapun.
    ocr
  • Cari file hasil scan yang ingin di konversi, dengan mengklik tombol “Browse”. Untuk Language, biarkan saja “ENGLISH”. Kemudian masukkan kode captcha dan klik tombol “Send file”
  • Dan, hasilnya akan muncul. Selanjutnya Anda bisa mennyalinnya ke teks editor misalnya Microsoft Word.
    hasil ocr

Teks sudah dapat di salin ke Microsoft Word:

hasil word

Nah itu dia cara mengubah gambar hasil scan menjadi teks. Kekurangan dari cara ini, terkadang hasil konversi tidak maksimal, terutama untuk bahasa selain bahasa inggris. Biasanya ada huruf yang salah, dan perlu diedit terlebih dahulu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !