Cara Menghilangkan Noda Bekas Cacar Air

Cara meghilangkan bekas cacar air sangat anda butuhkan jika anda memiliki noda bekas cacar yang tidak kunjung hilang juga terutama jika terdapat di area sekitar wajah, karena tentunya noda tersebut dapat mempengaruhi kecantikan serta penampilan anda. Cacar air atau dikenal juga dengan istilah chiken pox adalah sebuah penyakit menular yang disebabka karena infeksi dari virus varicella-zoster. Cacar air biasanya menyerang pada anak terutama anak dalam rentan usia 2 hingga  tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan juga orang desawa atau bahkan orang tua dapat terkena penyakit ini.

Gejala yang biasa timbul adalah bintil biasanya berisi cairan yang tersebar diseluruh tubuh termauk juga wajah. Nah bintil inilah yang jika pecah atau lecet dapat menyebabkan bekas. Padahal bekas cacar akan sangat ulit untuk dihilangkan apalagi jika anda baru terkena cacar air pada saat usia dewasa tentunya itu merupakan hal yang sangat buruk untuk penampilan anda. Sebenarnya anda dapat melakukan antisipasi atau pencegahan agar cacar air tidak menimbulkan noda atau bekas. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah:

  • Jangan garuk bintil cacar karena dapat menyebabkan bintil pecah dan meninggalkan luka yang akhirnya berbekas.
  • Selalu jaga kebersihan terutama tangan dan kuku dengan cara rajin mencuci tangan dan memotong kuku untuk mengurangi resiko infeksi pada cacar yang dapat memperparah keadaan.
  • Gunakan obat atau bedak gatal untuk mengurangi rasa gatal yang anda rasakan

Tetapi bagaimana jika cacar air sudah terlanjur meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan? kami ada beberapa cara praktis untuk menghilangkan noda bekas cacar air yang mudah anda aplikasikan

  1. Dengan menggunakan kayu cendana. Caranya adalah cendana yang telah dihancurkan hingga halus kemudian campurkan dengan sedikit air dan oleskan pada noda bekas cacar air.
  2. Menggunakan buah bengkoang. Khasiat bengkoang memang sangat besar untuk kulit termasuk juga untuk menghilangkan noda bekas cacar air. Cara memanfaatkannya adalah haluskan buah bengkoang kemudian gunakan sebagai masker untuk wajah.
  3. Buah mengkudu. Caranya adalah buah mengkudu yang sudah matang dibuat menjadi jus dan minum secara rutin setiap hari.
  4. Temulawak. Cara membuat ramuan adalah dengan mencampur temulawak dengan kencur, jahe, kunyit dan asam jawa yang kemudian direbus dan minum air rebusan sebanyak 3 kali sehari secara rutin.
  5. Jagung. Jagung yang digunakan adalah jagung muda caranya adalah parut jagung muda kemudian gosokan pada bagian tubuh yang terdapat noda cacar airnya.

Nah, gampang dan praktis bukan cara menghilangkan noda bekas cacar air diatas. Selain itu anda juga tidak perlu mengeluarkan uang budget yang banyak dengan mendatangi dokter atau salon kecantikan yang mahal, karena bahan diatas dapat dengan mudah anda temukan di lingkungan sekitar anda.