Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Makanan seperti jengkol dan petai bagi sebagian orang indonesia merupakan makanan favorit yang wajib untuk dikonsumsi tapi setelah itu pasti anda melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap akibat dari mengkonsumsi jengkol atau petai apalagi setelah itu, anda harus berhadapan dengan banyak orang. Ya bau mulut adalah sesuatu hal yang tidak mengenakkan dan akan membuat rasa percaya diri kita turun saat berhadapan dengan orang banyak. dalam dunia medis bau mulut disebut juga dengan istilah halitosis.

Bau mulut atau halitosis ini dapat dipicu oleh beberpa sebab seperti kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi yang menyebabkan bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak dalam rongga mulut yang aktifitasnya dapat menghasilkan asam amino dan gas H2S, rokok juga dapat menjadi pemicu bau mulut, karena mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat seperti petai, jengkol, bawang merah atau bawang putih, serta dapat juga diakibatkan karena memiliki penyakit pencernaan atau akibat produksi air liur yang berkurang dan sering terjadi pada waktu pagi hari. cara menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

  1. Sikat gigi dengan teratur
    Sikat gigi adalah cara awal yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan atau mencegah terjadinya bau mulut. Dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi maka akan mengurangi resiko bau mulut. Dan sikat gigi juga setelah makan terutama setelah makan petai dan jengkol.
  2. Kumur menggunakan rebusan daun sirih
    Sirih memang sangat berguna untuk dijadikan antiseptik. Berkumurlah dengan menggunakan air rebusan daun sirih  setelah menyikat gigi akan membantu membunuh bakteri bakteri yang berada dalam mulut dan gigi kita.
  3. Memperbanyak minum air putih
    Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka akan membantu mulut kita akan terus basah. Maka dari itu minumlah sebelum dan setelah tidur untuk menghilangkan bau mulut.
  4. Memperbanyak konsumsi Vit C
    Karena Vit C bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah gusi dan juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut.
  5. Hindari konsumsi alkohol dan merokok
    Alkohol dan rokok adalah penyebab bau mulut untuk itu hindarilah. Selain itu alkohol dan rokok juga tidak baik untuk kesehatan.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan mudah semoga dapat bermanfaat untuk anda.