Cara Mengenali Bahasa Bayi Lewat Tangisan

Menangis adalah satu satunya hal yang dapat dilakukan seorang bayi untuk berkomunikasi dengan orang – orang yang berada disekitarnya. Menangis adalah sebuah ungkapan sederhana yang sering kita keluarkan bahkan bukan hanya bayi saja tetapi terkadang orang dewasa pun menggunakannya untuk mengungkapkan rasa sedih, bahagia dan takjub atau kagum. Tangisan pada bayi adalah tanda jika bayi tersebut merasa gelisah. Sebagian orang tua mungkin menganggap jika anak menangis itu menandakan bahwa bayi itu lapar atau haus padahal dalam setiap tangisan bayi memiliki arti tersendiri. Disadari atau tidak, setiap makna yang diungkapkan bayi melalui tangisan akan berbeda satu dengan lainnya. Nah agar lebih dekat dengan si buah hati, anda harus pandai – pandai memaknai arti dari tangisan anak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui bahasa bayi lewat tangisannya.

  1. Tangisan bayi ketika lapar atau haus
    Tangisan bayi ketika dirinya merasa lapar memiliki pola. Setelah sebentar ia menangis biasanya akan berheti sejenak untuk bernafas dan terkadang diikuti dengan kegiatan menghisap, kemudian menangis kembali dan kemudian diam lagi dan seterusnya sampai ia diberikan ASI atau sudah tidak merasa lapar lagi. Tangisan akan semakin kencang jika ia merasa sangat lapar.
  2. Tangisan bayi saat ingin ganti popok
    Kondisi popok yang kotor atau basah akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk bayi, dan untuk mengkomunikasikannya bayi akan menangis jika popok yang digunakan basah atau kotor. Pertama – tama bayi akan menangis pelan dan lama – kelamaan mengeras, melengking dan jelas dan biasanya nafasnya agak tersendat. Tangisan juga diikuti gerakan menggeliat di tempat tidurnya.
  3. Tangisan bayi sakit
    Terkadang kita tidak cepat menyadari bahwa tangisan yang dikeluarkan bayi adalah tanda atau sinyal bahwa dia merasakan sakit. Tangisan bayi yang merasa sakit biasanya melengking keras yang disertai dengan rengekan dan nafas yang terengah – engah dan tangisan akan terus berlanjut walaupun telah disusui. Jika menemukan kondisi tangisan yang seperti ini segeralah cari tahu letak penyebab sumber sakit jika tidak segeralah periksakan bayi anda ke dokter.
  4. Tangisan bayi ketika bosan dan lelah
    Terlalu lama berbaring akan menyebabkan bayi lelah dan bosan sehingga ia biasanya akan meminta gendong. Biasanya bayi akan menangis dengan suara melengking dan suaranya mirip teriakan dan bayi yang merasa bosan juga akan menggosok – gosok mukanya beberapa kali.

Nah itulah tadi beberapa bahasa bayi yang diungkapkan melalui tangisan . semoga bermanfaat agar anda lebih dekat dengan si buah hati.