Cara Mengatasi Komputer yang Lambat, Lelet dan Lemot

Cara mengatasi komputer yang lambat memang banyak macamnya, mulai dari merubah setting komputer tersebut sampai membeli hardware baru. Hal ini menjadi penting karena Kerja komputer yang lambat tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan kita. Sebelum kita mebahas bagaimana cara mengatasi komputer yang lambat atau lemot, sebaiknya kita mengetahui fakor apa saja yang dapat meyebabkan komputer kita bekerja dengan lambat. Faktor yang dapat menjadi penyebab lambatnya kerja komputer kita adalah karena kita terlalu banyak menginstal program pada komputer, karena kekurangan memori, karena terlalu banyak startup program yang berjalan, kurangnya konfigurasi yang tepat, dapat karena lamanya usia dari komputer tersebut dan masih banyak lagi.

cara mengatasi komputer yang lambat
Setelah kita mengetahui berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan komputer bekerja terlalu lambat barulah kita akan membahas bagaimana cara mengatasi komputer sesuai dengan masalah yang dialaminya, karena tidak semua cara dapat kita gunakan untuk memperbaiki kinerja komputer kita jadi kita harus menyesuaikan dengan masalah yang dialami.

Berikut cara mengatasi komputer yang lambat:

  • Lambat dikarenakan banyak program yang kita instal
    Cara mengatasi komputer lambat karena kebanyakan program yang diinstal adalah dengan cara klik add atau remove program pada control panel dan kemudian un install yang anda anggap kurang penting.
  • Lambat karena kekurangan memory
    Caranya adalah cek kapasitas memori yang terpasang pada komputer anda. Kemudian cocokkan dengan kebutuhan sistem yang anda gunakan. Bila masih kurang maka anda harus menambah kapasitas memory tersebut.
  • Karena banyaknya startup program yang berjalan
    Semakin banyak program yang anda instal maka semakin banyak juga program dan service yang dijalankan pada saat awal komputer dinyalakan. Dan untuk menoaktifkannya ketik msconfig pada menu run dan pada tab service dan startup lakukan unchek terhadap aplikasi yang tidak diperlukan untuk berjalan pada saat awal komputer dinyalakan.
  • Setting konfigurasi yang kurang tepat
    Kerja komputer yang lambat juga dapat disebabkan oleh setting konfigurasi yang kurang tepat. Silahkan setting komputer anda sesuai dengan kondisi yang ada, jangan paksa komputer anda bekerja melebihi kemampuan hardware yang dimiliki.
  • Usia komputer yang sudah tua
    Solusi yang terbaik adalah mengganti komputer tersebut atau jika anda tidak menginginkannya, anda dapat menghindari aplikasi yang terlalu berat. Instal lan aplikasi yang seumuran dengan hardware komputer anda dan jangan mencoba-coba aplikasi terbaru.

Nah demikianlah tentang beberapa cara mengatasi komputer yang lambat dan juga lelet semoga bermanfaat.