Cara Mengatasi Komputer Hang Dengan 3 Langkah Mudah

Cara mengatasi komputer hang perlu Anda pelajari agar tidak mengganggu saat sedang melakukan pekerjaan penting dengan menggunakan sebuah komputer. Komputer yang hang mungkin pernah dialami oleh hampir setiap pengguna komputer. Penyebabnya pun cukup banyak dan beragam, mulai dari masalah pada software hingga hardware atau bersifat fisik. Karena itulah setidaknya Anda mengetahui beberapa cara mengatasi komputer hang secara dasar agar pekerjaan Anda tidak terganggu karena adanya masalah ini.

Cara mengatasi komputer hang

Berikut ini bisa Anda simak beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer hang agar bisa kembali normal dan lebih nyaman saat digunakan.

  1. Terjadi overheat pada CPU
    Suhu yang terlalu panas atau overheat yang dialami oleh beberapa komponen di dalam CPU bisa menyebabkan terjadinya komputer hang. Yang paling sering terjadi adalah prosesor mengalami overheat karena beberapa sebab, antara lain adalah sirkulasi udara yang tidak lancar. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus memastikan bahwa kipas prosesor berfungsi dengan baik. Selain itu periksa juga kipas lainnya yang berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam casing, pastikan semua berjalan dengan baik. Jika perlu tambahkan juga cooler gel atau pasta pendingin khusus prosesor agar dapat menyalurkan panas ke pendingin secara lebih baik.
  2. Kurangnya daya power supply
    Power supply menjadi sumber daya utama yang dibutuhkan agar sebuah komputer bisa digunakan. Fungsinya sebagai penyedia daya bagi semua komponen komputer memang sangat penting dan harus dipastikan bahwa kapasitasnya cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Kekurangan daya yang dipasok oleh power supply akan menyebabkan komputer hang atau sering restart sendiri. Cara mengatasi komputer hang yang disebabkan oleh kurangnya kapasitas daya ini tentu saja dengan mengganti power supply dengan yang mempunyai kapasitas daya lebih besar.
  3. Komputer terkena virus
    Penyebab terjadinya komputer hang selanjutnya adalah dari sisi software yang biasanya disebabkan oleh virus. Cara untuk mengetahuinya tentu saja dengan melakukan scanning dengan menggunakan antivirus sehingga bisa langsung diatasi penyebabnya. Namun Anda juga bisa melakukan pengecekan secara manual dengan mencari sebuah proses yang terlihat cukup mencurigakan. Anda bisa melihatnya dari “Task Manager” lalu cari proses dengan nama yang cukup mencurigakan dan biasanya akan menggunakan memory yang cukup besar. Jika memungkinkan matikan proses tersebut dengan menggunakan “End Process”. Sebagai langkah antisipasi yang termasuk dalam cara mengatasi komputer hang adalah selalu mengupdate antivirus agar mempunyai database virus terbaru.