Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Mendidik anak yang suka berbohong sering kali membuat orang tua kewalahan. Kebiasaan buruk yang satu ini memang sangat sulit untuk dihilangkan dan apabila tidak segera ditangani dapat dibawa hingga anak dewasa. Maraknya kasus korupsi di Indonesia bahkan di dunia juga dikerenakan kebiasaan berbohong yang dilakukan sejak kecil hingga berdampak pada kehidupan dewasanya. Ada beberapa alasan kenapa anak suka berbohong, yang pertama adalah karena anda sebagai orang tua terlalu tegas atau terkesan galak kepada anak sehingga anak merasa takut apabila dia melakukan sebuah kesalahan dan yang kedua adalah karena contoh yang diberikan orang tua kepada anak.

Terkadang tanpa disadari kebohongan sering anda ajarkan secara tidak langsung kepada anak misalnya ketika anda sedang tidak ingin bertemu dengan seseorang maka kita mencari alasan yang tidak sesuai dengan kenyataan, atau kita juga dapat menyuruh anak untuk berbohong demi kepentingan pribadi. Dengan hal yang demikian secara tidak langsung anda juga ikut andil dalam kebohongan yang dilakukan anak. Jadi, pahami benar apa yang menyebabkan anak suka berbohong. Untuk mengatasi anak yang suka berbohong kami ada beberapa tips yang dapat anda aplikasikan yaitu

    1. Bersikap bijak
      Bersiksp bijaklah ketika anak mulai berbohong, jangan memojokkan anak untuk mengakui kebohongannya tetapi akan lebih baik jika anda melakukan pendekatan dengan cara yang bersahabat.
    2. Cari tahu penyebabnya
      Selidiki dan cari tahu penyebab dari kebohongan yang dilakukan anak. Hal ini penting dilakukan agar kita dapat bijaksana menyikapi perbuatan anak.
    3. Berikan pengertian dan penjelasan
      Untuk mendidik anak yang suka berbohong, berilah penjelasan dan pengertian dari kebohongan itu sendiri serta dampak dari kebohongan yang dapat diterima oleh dirinya dan juga orang lain.
    4. Hukuman yang mendidik
      Hukuman terkadang perlu dilakukan untuk membuat anak jera dan takut untuk melakukan perbuatan yang sama. Tetapi hukuman yang dimaksudkan disini bukan hukuman yang keras seperti memukul dan memaki, hukuman yang dimaksud adalah hukuman yang memiliki tujuan untuk mendidik seperti memotong uang saku dalam beberapa waktu atau melarang anak bermain diluar untuk sementara waktu atau hal lain yang bersifat mendidik.
    5. Kendalikan perilaku anda
      Anak cenderung mengikuti perbuatan yang dicontohkan orang tuanya. Jadi kendalikanlah perilaku atau tingkah laku anda yang mengarah pada kebohongan. Tetapi apabila kebohongan itu terpaksa untuk dilakukan maka anda harus meminta maaf kepada anak dan  memberikan pengertian dengan jelas tentang kebohongan yang kita lakukan. Dan tentunya kebohongan itu untuk tujuan yang baik.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda aplikasikan untuk mendidik anak yang suka berbohong. Semoga bermanfaat untuk anda.