Cara Mendinginkan Prosesor Dengan 4 Langkah Mudah

Cara mendinginkan prosesor sebenarnya cukup mudah jika Anda memperhatikannya dengan benar, sehingga tidak akan terjadi prosesor yang terlalu panas atau biasa disebut overheat. Jika prosesor kepanasan, maka akan banyak akibat yang ditimbulkannya berhubungan dengan kinerja komputer. Kemampuan komputer akan menurun secara drastis atau bahkan hang jika prosesor yang berfungsi sebagai “otak” tersebut terlalu panas.

cara mendinginkan prosesorg
Berikut ini ada 4 langkah mudah mengenai cara mendinginkan prosesor untuk menghindari terjadinya overheat pada prosesor.

  1. Kipas dan heatsink
    Pastikan bahwa kipas dan heatsink unit yang terdapat pada prosesor bekerja dengan baik. Heatsink yang terbuat dari logam dan bersekat-sekat bisa dengan mudah mengumpulkan debu yang kemudian menyumbatnya. Semakin banyak debu yang menempel maka efisiensi pendinginannya juga akan semakin menurun. Karena itu Anda perlu membersihkan heatsink dan juga kipas prosesor dari debu yang menempel. Pastikan juga kipas prosesor dapat berputar dengan lancar tanpa terganggu oleh kabel yang berada di sekitarnya.
  2. Thermal paste
    Gunakan pasta prosesor atau thermal paste yang berkualitas agar efektifitas pendinginan semakin baik. Thermal paste ini berfungsi untuk mengalirkan suhu yang panas dari prosesor ke unit heatsink agar prosesor lebih cepat dingin. Selain itu thermal paste juga berguna untuk mencegah terjadinya percikan yang mungkin terjadi akibat adanya gesekan antara permukaan prosesor dan unit heatsink yang menempel diatasnya. Gunakanlah thermal paste yang berkualitas sehingga tidak cepat kering.
  3. Kipas pendingin
    Pastikan jumlah kipas pendingin yang ada di dalam casing jumlahnya cukup untuk mendinginkan semua komponen di dalamnya. Komponen lain di dalam casing yang terlalu panas juga akan mengakibatkan peningkatan suhu di dalam casing termasuk prosesor. Usahakan untuk menambahkan satu buah kipas pendingin yang dihadapkan keluar untuk mengalirkan udara panas dari dalam.
  4. Sirkulasi udara
    Sirkulasi udara di dalam casing juga sangat penting untuk menjaga prosesor agar tidak terlalu panas. Sirkulasi udara berkaitan dengan jumlah kipas pendingin dan juga kerapian penataan kabel di dalam casing. Dengan menata kabel dan komponen lain serapi mungkin sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan lebih lancar.

Demikian beberapa langkah mudah mengenai cara mendinginkan prosesor yang bisa Anda praktekkan untuk mencegah terjadinya overheat pada prosesor.