Cara Mempercepat Booting Windows 7 Dengan Mudah

Cara mempercepat booting Windows 7 banyak dicari karena banyak pengguna komputer yang merasa bahwa proses booting atau loading dari sistem operasi buatan Microsoft ini terlalu lama. Bahkan untuk beberapa komputer proses loading Windows 7 bisa sangat lama dan bisa-bisa membuat bosan penggunanya karena terlalu lama menunggu. Untuk itulah diperlukan trik untuk mempercepat booting windows 7. Apakah Anda termasuk salah satu yang mengalaminya? Jika jawabannya adalah “Ya”, maka Anda harus menyimak cara mempercepat booting Windows 7 yang akan kami sampaikan berikut ini :

cara mempercepat booting Windows 7

  • Klik tombol Start kemudian ketikkan “msconfig”, kemudian tekan Enter. Ini akan menjalankan aplikasi System Configuration dimana Anda bisa mengatur beberapa setting yang berkaitan dengan start up Windows 7, termasuk pada proses bootingnya.
  • Masuk ke tab Boot. Pada tab ini Anda akan melihat daftar sistem operasi Windows 7 yang terinstal di komputer Anda. Pilih sistem operasi Windows 7 yang ingin diubah setting proses bootingnya, kemudian tekan tombol Advanced options.
  • Pada jendela BOOT Advanced Options centang pilihan Number of processors kemudian tentukan jumlah core prosesor yang ingin Anda pakai untuk memproses informasi selama proses booting Windows 7. Untuk cara mempercepat booting atau loading Windows 7 adalah dengan memilih jumlah core prosesor terbesar. Semakin banyak jumlah core prosesor yang Anda tentukan, maka proses booting Windows 7 juga akan menjadi semakin cepat. Namun jumlah core prosesor yang tersedia juga disesuaikan dengan prosesor yang dipakai. Misalnya jika komputer Anda memakai prosesor dual core maka jumlah core maksimal yang bisa diaktifkan adalah sebanyak 2 core. Sedangkan jika memakai prosesor quad core maka jumlah maksimalnya adalah 4 dan begitu seterusnya.
  • Tekan tombol OK, lalu Apply dan OK lagi. Setelah itu Anda bisa merestart komputer Anda untuk mengetahui berhasil tidaknya cara mempercepat booting Windows 7 yang baru saja dilakukan.

Cara mempercepat booting Windows 7 yang kami sampaikan diatas sangat mudah untuk diterapkan dan tidak membutuhkan software tambahan yang harus diinstal. Sehingga bisa dilakukan pada sebuah instalasi Windows 7 standar baik itu versi Home Premium, Professional, maupun Ultimate. Penggunaan Windows 7 kini semakin banyak karena selain performa yang baik juga tampilan antarmukanya terlihat lebih modern.