Cara Memperbanyak ASI Untuk Kebutuhan Bayi

Memperbanyak ASI adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu yang memiliki bayi terutama bayi dibawah enam bulan yang harus diberikan ASI esklusif yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda, karena dalam setetes ASI yang anda berikan kepada anak mengandung sejuta manfaat yang sangat berarti dalam ASI terdapat beberapa zat yang sangat penting terutama untuk bayi dibawah enam bulan, ada beberapa kandungan yang terdapat pada ASI yaitu:

  1. Protein. Protein pada ASI bermanfaat untuk membentuk sel dan struktur otak.
  2. Oligosakarida . oligosakarida adalah sebuah komponen yang berperan sebagai prebiotik yang dapat memperbayak bakteri baik pada pencernaan bayi. Dan juga dapat berperan untuk membentuk antibody dalam tubuh bayi.
  3. Laktosa. dalam tubuh,laktosa akan dipecah menjadi glukosa dan galaktosa yang berperan penting dalam pembentukan susunan syaraf dan tulang.
  4. Lemak. Fungsi lemak adalah mengatur suhu dalam tubuh dan merupakan cadangan energi bagi tubuh. Selain itu, lemak yang terdapat di dalam ASI adalah lemak esensial yaitu asam alda linolenat  dan  asam linoleat yang berguna untuk perkembangan otak pada bayi.

Oleh karena itu, pemberian ASI ekklusif secara optimal sangat penting untuk dilakukan. tetapi yang menjadi masalah adalah pemberian ASI eksluif untuk balita dibawah enam bulan tidak dapat dilakukan oleh sebagian ibu menyusui. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya atau sedikitnya produksi ASI yang dihasilkan. Memang, produki ASI setiap wanita berbeda – beda tergantung aktifitas dan kondisi fisik dan juga psikologis seseorang. Wanita yang biasanya mengalami masalah produksi ASI yang kurang adalah wanita karir, yang setiap harinya bergulat dengan berbagai macam aktifitas yang menguras banyak tenaga dan juga pikiran yang dapat juga mengalami strees yang berpengaruh pada produksi ASI.

Tetapi sekarang anda tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips memperbanyak ASI agar kebutuhan balita anda tetap terpenuhi dengan optimal:

  1. Usahakan anda tetap rileks dan tenang, karena hal ini dapat berpengaruh pada produksi ASI
  2. Jangan berikan susu tambahan atau susu formula pada saat bayi dibawah 6 bulan karena jika sudah diberi susu formula biasanya bayi akan malas untuk menyusui pada ibunya.
  3. Sering – seringlah menyusui anak, karena dengan seringnya anak menyedot susu maka akan merangsang produksi ASI ibu.
  4. Untuk memperbanyak ASI juga dapat dengan mengkonsumsi makanan yang dapat merangsan produksi ASI. Bahan makanan yang dapat membantu merangsang produksi ASI. Diantaranya adalah daun katu, daun mangkok, biji adas, kacang kedelai dan juga pare.

 Nah itulah tadi beberapa tips yang dapat anda gunakan sebagai cara memperbanyak ASI, selamat mencoba.