Cara Membuat Mail Server Lokal Dengan Mercury

Mail Server lokal sering dibutuhkan untuk keperluan pengetesan aplikasi yang membutuhkan komunikasi melalui email, namun tidak mempunyai koneksi internet. Selain itu Mail Server lokal juga bisa menjadi solusi sebagai email lokal untuk komunikasi antar departemen di sebuah perusahaan dengan karyawan yang cukup banyak, namun masih berada di dalam satu kantor. Daripada mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa hosting dan membuat Mail Server online, tentu akan lebih efisien jika menggunakan Mail Server lokal.

cara membuat mail server lokal

Berikut ini langkah-langkah cara membuat Mail Server lokal dengan memanfaatkan software Mercury yang telah terintegrasi di dalam aplikasi XAMPP.

  • Siapkan aplikasi yang dibutuhkan
    Untuk membuat dan mengetes Mail Server lokal di komputer Anda harus terinstal aplikasi XAMPP yang di dalamnya telah termasuk web server Apache, database MySQL, Filezila dan juga Mercury yang berfungsi sebagai email server. Selain itu siapkan juga aplikasi mail client seperti Thunderbird misalnya.
  • Jalankan server Mercury dan masuk ke dalam Admin panel.
    Untuk menjalankan server Mercury Anda harus masuk ke dalam XAMPP Control Panel kemudian tekan tombol Start untuk server Mercury. Pastikan juga bahwa web server Apache dan MySQL telah aktif. Kemudian tekan tombol Admin Mercury sehingga Anda masuk ke dalam admin panel. Akan muncul beberapa jendela yang menunjukkan berbagai server Mercury sedang berjalan.
  • Tambahkan user baru.
    Untuk dapat menggunakan sebuah Mail Server lokal tentu kita membutuhkan alamat email. Di dalam admin panel ini alamat email adalah username dari akun yang ada di dalam Mercury. Untuk menambahkan user pilih menu Configuration> Manage local users. Setelah itu tambahkan akun untuk menggunakan Mail Server sesuai dengan kebutuhan Anda. Buatlah 2 buah akun email untuk menguji coba Mail Server lokal yang telah dibuat.
  • Uji coba pada Email Client.
    Untuk mengetahui berhasil tidaknya Mail Server lokal yang telah dijalankan sekarang Anda harus mencobanya dengan mengirimkan email dengan menggunakan email client, salah satunya adalah Thunderbird. Buat akun baru di Thunderbird, masukkan nama, alamat email dan password. Yang perlu Anda perhatikan adalah penulisan alamat email. Alamat email adalah user yang sebelumnya telah ditambahkan pada admin panel Mercury, dan untuk penulisannya adalah test1@localhost (user di Mercury test1), bukan test1@localhost.com.

Pastikan dari masing-masing akun menggunakan server “localhost” pada bagian Incoming dan Outgoing Server dari masing-masing akun agar bisa terhubung dengan Mail Server lokal yang telah dibuat. Uji coba dengan saling mengirimkan email ke masing-masing akun sehingga Anda tahu berhasil tidaknya Mail Server lokal yang dibuat.