Cara Membuat File PDF Dengan Cepat dan Mudah

Cara membuat file PDF sering kali dianggap sebagai sebuah proses yang sulit untuk mentransformasikan sebuah dokumen menjadi format PDF. Padahal ada cara membuat file PDF yang sangat cepat, mudah, dan gratis. File PDF telah banyak dipakai sebagai format standar untuk menyampaikan sebuah informasi secara digital. File PDF juga sering dipakai untuk membuat dokumen yang berisi tulisan, gambar, grafik, dan lain-lain yang tidak bisa diubah lagi atau fixed document.

Contoh penggunaan format PDF adalah pada e-book, manual untuk sebuah aplikasi atao driver hardware, jurnal ilmiah digital, surat berharga yang di-scan lalu diubah ke dalam format PDF, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena penting dan banyaknya penggunaan file PDF ini maka diperlukan sebuah cara membuat file PDF yang cukup efektis, cepat dan mudah.

cara membuat file pdf

Berikut adalah dua cara membuat file PDF dengan mudah dan cepat.

Cara membuat file PDF dengan tambahan add-in pada Microsoft Office.
Jika Anda telah memakai Microsoft Office 2010 maka Anda tidak perlu menambahkan add-in ini, karena sudah ada pilihan untuk menyimpan file yang Anda buat ke dalam format PDF saat pertama kali akan menyimpan file tersebut. Namun jika Anda menggunakan Microsoft Office 2007 Anda harus menginstal tambahan add-in yang akan menambahkan format file PDF dan XPS pada pilihan saat akan menyimpan sebuah file. Untuk mendapatkan add-in tersebut Anda bisa mendownloadnya melalui situs resmi Microsoft di bawah ini:

http://www.microsoft.com/download/en/confirmation.aspx?id=7

Setelah didownload kemudian instal dan siap digunakan add-in tersebut. Sedangkan untuk menggunakannya juga sangat mudah karena Anda bisa langsung menyimpan semua file dari aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Power Point, Access, dan lainnya ke dalam format PDF melalui menu File > Save As > PDF or XPS.

Cara membuat file PDF dengan CutePDF.
CutePDF adalah sebuah software yang bisa mengkonversi beragam jenis dokumen ke dalam format PDF seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point dan lain-lain. Software CutePDF ini tersedia dengan gratis dan tanpa persyaratan apapun, termasuk tanpa adanya watermark seperti software PDF converter lainnya. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:

http://download.cutepdf.com/download/CuteWriter.zip

Setelah selesai download kemudian ekstrak dan instal aplikasi CutePDF tersebut. Sedangkan cara untuk membuat file PDF dengan CutePDF ini juga sangat mudah, karena software ini telah terintegrasi dengan subsystem printer. Artinya CutePDF ini berfungsi sebagai printer virtual sehingga Anda bisa membuat file PDF dari semua aplikasi yang mempunyai fitur print atau cetak. Begitulah tutorial singkat bagaimana cara membuat file PDF dengan cepat dan mudah.