Cara Membuat Animasi GIF dengan Cepat dan Mudah

Cara membuat animasi GIF banyak dibutuhkan oleh beberapa orang yang sering bekerja dengan hal desain. Misalnya saat akan membuat sebuah desain web, maka Anda juga akan membutuhkan sebuah file GIF beranimasi sesuai dengan tema website yang akan dibuat. Kreatifitas memang dibutuhkan agar dapat menciptakan sebuah file animasi GIF yang cukup menarik. Jangan hanya asal-asalan dalam membuat sebuah file animasi GIF. Ada banyak cara membuat animasi GIF, namun salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan software pembuat animasi GIF gratis.
cara membuat animasi gif.jpg

Cara membuat animasi GIF dengan software SSuite Office – Gif Animator 2.0

Salah satu software gratis yang bisa dipakai untuk membuat animasi GIF adalah dengan menggunakan software SSuite Office – Gif Animator 2.0. Meskipun gratis, namun kemampuan software SSuite Office – Gif Animator 2.0 dalam membuat animasi GIF juga sudah cukup mumpuni. Tergantung dari seberapa bagus dan kreatifnya gambar yang akan Anda jadikan rangkaian animasi pada file GIF. Jika Anda sedang mencari cara membuat animasi GIF dengan mudah dan cepat, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Download software SSuite Office – Gif Animator 2.0 disini. Software ini memiliki kapasitas cukup kecil sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendownloadnya.
  • Jalankan software tersebut. Anda akan menemui sebuah jendela utama yang menampilkan beberapa tombol dan sebuah kotak preview untuk menampilkan gambar yang akan dipilih.
  • Siapkan gambar yang akan dijadikan sebagai rangkaian animasi GIF. Gambar ini sebaiknya menggunakan ukuran yang sama antar panjang dan lebarnya (height dan width), sehingga hasil animasi akan tampak lebih rapi. Selain itu untuk membuat animasi dari sebuah pergerakan benda atau objek lain, misalnya langkah kaki manusia, sediakan lebih banyak gambar dengan pergerakan yang cukup kecil pada setiap gambarnya. Ini akan membuat animasi yang dihasilkan akan lebih halus. Anda bisa membuat gambar yang akan dirangkai melalui aplikasi pengolah gambar seperti Corel Draw dan Photoshop.
  • Setelah semua gambar siap, kembali ke software SSuite Office – Gif Animator 2.0 untuk melanjutkan cara membuat animasi GIF dengan mudah. Tekan tombol Add untuk menambahkan gambar-gambar yang sebelumnya telah dipersiapkan. Usahakan untuk menamai file dengan nama yang sama ditambah angka urutan gambar di belakangnya. Hal ini untuk memudahkan pembuatan urutan animasi.
  • Jika semua gambar telah dimasukkan tekan tombol Create untuk membuat animasi GIF. Kemudian Anda bisa melihat hasilnya dari tombol View lalu pilih direktori tempat penyimpanan hasil file GIF.

Cara membuat animasi GIF dengan menggunakan bantuan software gratis Gif Animator memang cukup mudah dan cepat sehingga akan membantu Anda dalam bekerja.