Cara Install Android Emulator Ke PC Dengan Mudah

Android Emulator sangat dibutuhkan untuk keperluan mencoba sebuah aplikasi Android di lingkungan sistem operasi Windows dan tidak membutuhkan perangkat Android lain seperti tablet atau smartphone. Sehingga dengan memanfaatkan Android Emulator for PC kita bisa dengan mudah mencoba fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh sistem Android terbaru tanpa harus membeli perangkatnya. Selain itu banyaknya aplikasi untuk Android juga bisa lebih mudah kita coba terlebih dahulu dengan Android Emulator sebelum menginstallnya pada perangkat Android yang kita miliki.

cara install android emulator

Untuk menginstall Android Emulator ke dalam PC, ada dua langkah utama yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Persiapan instalasi Android Emulator

Pastikan di komputer Anda telah terinstall Java versi terbaru. Jika belum, Anda bisa mendownloadnya disini:

http://java.com/en/

Kemudian download file Android SDK installer dari situs resmi Android melalui link di bawah ini:

http://dl.google.com/android/android-sdk_r15-windows.zip

Proses Instalasi Android Emulator

Android Emulator termasuk ke dalam package instalasi Android SDK yang telah diunduh sebelumnya. Ikuti langkah berikut ini untuk menjalankan instalasi.

  • Ekstrak file Android SDK yang telah diunduh ke dalam sebuah folder, lalu buka file yang bernama SDK Manager.exe. Setelah itu akan muncul jendela command prompt dan tunggu hingga jendela utama aplikasi muncul.
  • Pada jendela utama aplikasi Anda akan melihat daftar dari paket Android yang telah terinstall dan akan diinstall. Pilih salah satu paket Android sesuai dengan versi yang Anda inginkan. Setelah itu klik Install Package.
  • Tunggu hingga proses download dan instalasi semua paket yang dipilih selesai. Lamanya proses download dan instalasi tersebut tergantung pada banyaknya paket yang Anda pilih serta kecepatan koneksi internet. Setelah selesai maka akan ditampilkan paket mana saja yang telah berhasil diunduh dan diinstall.
  • Selanjutnya adalah membuat Android Emulator pada aplikasi Android SDK tersebut. Masuk ke menu Tools > Manages AVDs dan akan muncul jendela baru untuk mengisikan detail dari AVD (Android Virtual Device) yang akan dibuat. Atur parameter yang diminta sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan paket yang telah diinstall sebelumnya, lalu tekan Create AVD.
  • Setelah itu akan muncul daftar Android Emulator atau AVD yang telah dibuat. Klik pada AVD yang baru dibuat kemudian tekan Start.
  • Android Emulator akan mulai masuk proses booting untuk masuk ke dalam sistem operasi Android dengan versi sesuai dengan yang Anda pilih. Tunggu hingga masuk ke dalam Android OS tersebut.
  • Android Emulator sudah siap Anda gunakan untuk mencoba aplikasi Android yang banyak tersedia.