Cara Efektif Melatih Anak Berbicara

Melatih anak berbicara adalah hal yang penting yang harus anda lakukan karena dengan melatih berbicara dapat membantu melatih kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan lingkungan di sekitarnya. Apa yang kita katakan akan terekam sebagai memori dalam otak dan suatu saat perkataan yang sering dia dengar baik dari keluarganya atau orang disekitarnya akan ia tiru dan akan ia jadikan bahasa yang akan dibawa untuk berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, ajarilah anak anda dengan kata – kata yang baik dan positif pada saat dia masih bayi, karena walaupun si anak belum bisa berbicara tetapi apa yang anda katakan sudah dapat tersimpan dengan baik dalam otak mereka.

Oleh karena itu, kami ada beberapa cara efektif yang dapat anda lakukan untuk melath anak berbicara:

  1. Sering mengajak anak berbicara.
    Kegiatan ini dapat anda lakukan sejak anak anda masih dalam kandungan. Bicaralah dengan kata – kata yang baik dan positif meskipun mereka belum bisa berbicara tetapi otak anak anda dapat menyerap ucapan yang anda katakan.
  2. Sering membacakan cerita atau dongeng kepada anak
    Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa anak yang dibacakan buku – buku cerita atau dongeng cenderung memiliki IQ lebih tinggi. Dan sebaiknya buku yang digunakan adalah buku yang sesuai dengan umur anak, dan buku didominasi dengan gambar gambar menarik sehingga anak akan lebih memahami bacaannya.
  3. Gunakan gambar untuk menstimuli anak
    Gunakan gambar gambar sederhana untuk berkomunikasi. Seperti gambar buah, binatang dan benda lain. Kemudian tunjuk gambar tersebut dan ucapkan gambar dengan jelas agar anak dapat memahaminya.
  4. Gunakan bahasa yang sederhana
    Bahasa yang sederhana akan memudahkan anak menyerap apa yang kita ucapkan. Dan anak akan lebih mudah untuk menirunya sehingga cara melatih anak untuk berbicara lebih cepat dan optimal.
  5. Gunakan bahasa yang benar
    Pada saat pertama anak mulai berbicara biasanya kata yang diucapkan kurang jelas, itu merupakan hal yang wajar, kita sebagai orang tua harus dapat mengarahkan dengan menyebutkan kata yang benar, misalnya anak ingin meminta susu tetapi yang dia ucapkan cucu maka kita harus membenarkan dengan mengulangi kata yang benar jangan sampai kata atau ucapan yang salah tersebut terbawa hingga dewasa.

Demikianlah beberapa cara efektif untuk melatih anak berbicara. Dan selalu ingat jaga setiap perkataan anda jangan sampai kata – kata yang tidak baik ditiru oleh anak.