Cara Cepat Memblokir Website di Komputer

Apakah ada website yang menggangu kenyamanan Anda dan mengganggu aktivitas kerja Anda ? Atau Anda mungkin ingin melepaskan diri dari kebiasaan mengunjungi website-website tertentu , katakanlah blog mantan kekasih Anda yang berisi cerita kebahagiaan hidup barunya bersama orang lain. Tentu Anda tidak ingin mengunjunginya kembali bukan ? Kali ini penulis akan share bagaimana cara memblokir sebuah website dengan cara cepat dan tanpa menggunakan software tambahan lagi. Bila pada umumnya Anda dapat memblokir website dengan mudah menggunakan software khusus untuk memblokir website, dengan trik ini Anda hanya membutuhkan Notepad bawaan yang terdapat pada Windows. Lalu bagaimana caranya ? tentu saja sangat mudah! Silahkan ikut langkah berikut ini:

  • Buka Notepad. pastikan untukk menjalankan sebagai Administrator
    cara_memblokir_website.jpg
  • Kemudian buka file bernama “hosts” , yang terletak di C:\WINDOWS\SYSTEM32\DRIVERS\ETC.
    cara_cepat_blokir_website_di_komputer.jpg
  • Kemudian cari baris yang berisi “# 127.0.0.1 localhost“, lalu dibawah baris tersebut isikan nama website yang ingin Anda blokir, contohnya:
    127.0.0.1 namadomain.com
    Jangan lupa gantilah namadomain .com dengan alamat website atau nama domain yang ingin Anda blokir misalnya facebook.com
  • Jika sudah, save file tersebut. dan jika berhasil maka website tersebut sudah tidak bisa diakses. Apabila Anda mengunjungi alamat web itu lagi, hanya pesan error yang akan keluar
    blokir_website_di_komputer.jpg

Sedikit penjelasan, konsep dari trik ini adalah mengelabui komputer Anda seolah-olah website tersebut di host di komputer Anda. Jadi sewaktu mengetikkan alamat tersebut, komputer tidak akan mengenali alamat tersebut dan akan menampilkan pesan error. Kelebihan dari trik ini adalah tidak hanya berlaku pada satu browser saja, tetapi website akan terblokir di semua browser seperti firefox, opera, chrome, dll. Sedangkan kekurangannya adalah apabila suatu saat Anda ingin mengunjungi website itu lagi, maka anda harus mengedit file hosts tadi, dan menghapus baris yang tadi ditambahkan. Bagaimana ? cukup paham ? Semoga berguna !