5 alasan kenapa backup data itu penting untuk pengguna komputer

Backup data adalah kegiatan menyalin data yang telah tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer ke media lain seperti flashdisk, harddisk eksternal atau media lainnya. Data tersebut dapat berupa dokumen, video, audio, gambar, software dan lain-lain. Backup data ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kehilangan data karena kerusakan pada perangkat penyimpanan anda. Tidak ingin bukan, file-file penting anda hilang begitu saja saat terjadi kerusakan pada komputer.

alasan kenapa backup data itu penting

Ada 5 alasan kenapa backup data itu penting :

  1. Ketika terjadi kesalahan atau kerusakan pada komputer anda sehingga mengharuskan anda memformat seluruh data yang anda miliki maka anda harus mempunyai salinan data yang anda miliki.
  2. Jika hard drive komputer anda sudah penuh maka anda harus membuang sebagian data yang anda punya tetapi jika data anda sudah dibackup maka anda tidak perlu khawatir lagi.
  3. Jika komputer ataupun data anda terkena virus, anda sudah tidak perlu khawatir memikirkan bagaiman nasib dari data anda karena anda masih dapat memperoleh data tersebut dalam media lain.
  4. Komputer anda berjalan lambat sehingga harus menghapus beberapa dari file anda. Namun anda tidak akan kehilangan data tersebut karena anda memilikinya di media lain.
  5. Anda akan merasa nyaman dan aman saat bekerja, karena anda selalu memiliki cadangan data tersebut di media lain.

Itulah tadi alasan kenapa backup data itu penting untuk keamanan data anda. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba karena memang lebih baik mencegah dari pada memperbaiki. Bayangkan saja jika data yang terdapat dalam komputer kita adalah suatu data yang penting menyangkut tugas ataupun pekerjaan dan tiba-tiba hilang karena sesuatu hal.